Penyebab Batu Ginjal Pada Anak

Penyebab Batu Ginjal Pada Anak

Penyebab Batu Ginjal Pada Anak – Beberapa penyebab batu ginjal berikut ini harus diketahui sejak dini supaya anak terhindar dari resiko tinggi menderita batu ginjal yang merupakan salah satu jenis penyakit yang masuk pada kategori penyakit berbahaya.

Memiliki anak yang sehat tentu harapan bagi kebanyakan orang tua di indonesia, melihat anak sehat dan tumbuh dengan normal menjadi kebanggaan tersendiri bagi orang tua karena sudah berhasil mengurus anak.

Akan tetapi apa saja orang tua rasakan jika melihat anaknya menderita batu ginjal ? Bisa dipastikan orang tua akan sedih bahkan sampai stres jika anak yang disayangi dan dikasihi harus merasakan sakit akibat adanya batu di ginjal.

Melakukan tindakan pencegahan sejak dini sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh orang tua terhadap anaknya agar anak terhindar dari resiko tinggi menderita penyakit batu ginjal.

PENYEBAB BATU GINJAL PADA ANAK YANG WAJIB DIKETAHUI SEJAK DINI

Penyebab Batu Ginjal Pada AnakBatu ginjal merupakan suatu gangguan kesehatan ( penyakit ) yang ditandai dengan adanya pertumbuhan batu di ginjal, batu ini tumbuh dan berkembang di ginjal, jika ukuran batu sudah besar maka rasa sakit pasti akan terjadi pada anak.

Seperti yang sudah diketahui diatas kalau batu ginjal adalah salah satu penyakit ginjal yang masuk dalam kategori berbahaya, berbagai dampak buruk akan muncul sebagai akibat penyakit batu ginjal.

Dengan ini maka tidak heran jika seseorang sangat dianjurkan untuk melakukan tindakan pencegahan batu ginjal sejak dini apabila tidak ingin menderita atau bahkan sampai terkena dampak buruk dari penyakit batu ginjal yang bisa merugikan atau bahkan sampai membahayakan kesehatan tubuh.

Salah satu upaya pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan mengetahui dan menjauhkan anak anda dari apa saja yang menyebabkan tumbuhnya batu di ginjal, berikut ini adalah beberapa Penyebab Batu Ginjal Pada Anak yang harus anda ketahui sedini mungkin :

1). SODA

Penyebab ini mungkin disukai oleh kebanyakan anak, ya soda adalah salah satu penyebab yang bisa memicu tumbuhnya batu di ginjal.

Kandungan zat yang ada di dalam soda menjadi penyebab kenapa adanya pertumbuhan batu di ginjal, anak yang sering minum soda akan memiliki peluang yang besar untuk menderita penyakit batu ginjal.

2). ALKOHOL

Meskipun anak anak terbilang jarang mengkonsumsi alkohol, sebagai antisipasi jauhi anak anda dari minuman berahkohol.

Khusus untuk anak ada banyak bahaya yang bisa ditimbulkan alkohol jika minuman ini dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, salah satu akibatnya penyakit batu ginjal bisa menyerang.

3). KAFEIN

Kandungan ini lebih identik terdapat di dalam kopi dan juga teh, sebisa mungkin anda harus menghindarkan anak anda meminum minuman yang mengandung kafein.

Kandungan kafein dapat mengakibatkan kesehatan ginjal menurun, sebagai akibatnya batu akan tumbuh di ginjal sehingga bisa mengakibatkan terjadinya batu ginjal.

4). OBAT TERTENTU

Beberapa obat yang diduga menjadi penyebab kambuhnya batu ginjal pada anak adalah ” obat untuk HIV, aspirin, obat anti-epilepsi, antibiotik golongan darah tertentu, diuretik, dan antasida.

Jangan pernah anda mendekatkan anak anda dengan beberapa jenis obat obatan tersebut, karena beberapa obat tersebut dapat memberikan efek samping yang sampai mengakibatkan adanya pertumbuhan batu di ginjal.

5). KURANNG TIDUR

Upayakan anak anda untuk cukup tidur, karena ada kerugian yang bisa terjadi pada anak yang kekurangan waktu tidur, seperti bisa membuat kesehatan ginjal menurun.

Kesehatan ginjal yang menurun dapat berakibat pada munculnya penyakit batu ginjal, kurang tidur dapat membuat ginjal harus bekerja lebih keras lagi sehingga membuat kesehatan ginjal mengalami penurunan dan pada akhirnya bisa mengundang penyakit batu ginjal.

6). KETURUNAN

Percaya atau tidak anak yang memiliki anggota keluarga yang menderita penyakit batu ginjal akan memiliki resiko tinggi untuk menderita penyakit batu ginjal.

Batu ginjal termasuk penyakit keturunan, sehingga tidak heran jika orang khususnya anak yang memiliki salah satu anggota keluarga yang menderita batu ginjal maka peluang untuk menderita batu ginjal akan meningkat.

7). KELEBIHAN BERAT BADAN

Berat badan berlebih dapat mengakibatkan ginjal harus bekerja lebih keras lagi untuk menjaga keseimbangan tubuh, kondisi seperti inilah yang dapat membuat anak memiliki resiko tinggi menderita penyakit batu ginjal.

8). PENYAKIT

Ada beberapa penyakit yang diduga dapat sampai memicu tumbuhnya batu di ginjal adalah asam urat, darah tinggi, juga diabetes yang merupakan deretan penyakit kronis yang ternyata dapat mengakibatkan terjadinya penyakit batu ginjal.

Kondisi yang sudah parah menjadi penyebab kenapa seseorang yang menderita salah satu penyakit tersebut rentan menderita penyakit batu ginjal.

Selain disebabkan karena beberapa kondisi dan kebiasaan diatas, tumbuhnya batu ginjal juga bisa dipengaruhi karena beberapa pemicu dibawah ini :

  • Infeksi saluran kemih ( ISK )
  • Pola makan yang salah
  • Menahan kencing
  • Kekurangan cairan
  • Sedikit asupan serat
  • Rutin mengkonsumsi suplemen yang mengandung kalsium

Sangat disarankan untuk anda ( orang tua ) berperan aktif dalam menghindarkan anak anda supaya tidak melakukan beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan terjadinya batu ginjal pada anak.

CARA MENJAUHKAN ANAK DARI DERITA PENYAKIT BATU GINJAL YANG BAIK DAN BENAR

Apabila anda tidak ingin melihat anak anda menderita penyakit batu ginjal maka sangat dianjurkan untuk melakukan tindakan pencegahan.

Selain dengan menghindari penyebabnya, cara pencegahan lain yang bisa anak anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat khususnya beberapa sayuran untuk batu ginjal berikut ini :

  • SAYUR KUBIS

Pilihan yang sangat tepat jika anda memilih memasukan kubis ke dalam menu makan sehat untuk melawan dan mencegah batu ginjal.

Kandungan ” vitamin c ” di dalam kubis dapat membantu meningkatkan kesehatan anak, sedangkan kandungan lain seperti ” karbohidrat ” di dalam kubis dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal.

  • SAYUR BAYAM

Beberapa kandungan zat seperti ” seng, vitamin, dan zat ” bagus untuk dikonsumsi anak karena dapat membantu menjaga kesehatan ginjal yang berperan untuk mencegah terjadinya batu ginjal.

  • SAYUR WORTEL

Mungkin kebanyakan dari anak tahu kalau wortel ini bagus untuk meningkatkan kesehatan mata karena kaya dengan kandungan vitamin a.

Perlu anda ketahui juga kalau ternyata sayur wortel juga bagus dikonsumsi anak untuk mencegah tumbuhnya batu ginjal, kandungan zat yang ada di dalam wortel menjadi alasan mengapa wortel ini bagus dikonsumsi oleh anak yang ingin terhindar dari resiko tinggi menderita penyakit batu ginjal.

Itulah beberapa sayuran yang bagus dikonsumsi oleh anak yang ingin terhindar dari resiko tinggi menderita penyakit batu ginjal.

Terima kasih anda sudah membagi waktu anda untuk berkunjung ke halaman resmi kami, semoga kunjungan anda bisa menjadi kunjungan terbaik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*