Pantangan Penyakit Batu Ginjal

Pantangan Penyakit Batu Ginjal

Untuk anda penderita batu ginjal ! Hindari beberapa daftar Pantangan Penyakit Batu Ginjal berikut ini karena beberapa pantangan ini dapat menjadi penyebab kondisi kesehatan penderita menurun dan berakibat pada semakin tingginya resiko terkena dampak negatif.

PANTANGAN PENYAKIT BATU GINJAL YANG HARUS DAN WAJIB DIHINDARI SEDINI MUNGKIN

Bisa dikatakan jika seseorang sedang menderita penyakit batu ginjal, hidupnya penuh dengan aturan karena ada banyak pantangan ( larangan ) bagi penderita batu ginjal yang harus dihindari.

Apa alasannya pantangan harus dihindari ?

Pantangan Penyakit Batu GinjalPantangan adalah larangan, ini berarti pantangan harus dijauhi karena setiap larangan pasti mengandung makna yang tidak boleh didekati atau dilakukan karena bisa menimbulkan kerugian yang berdampak negatif.

Hal tersebut berlaku juga pada penderita batu ginjal, jika saat ini anda tengah positif menderita batu ginjal, maka anda harus tahu betul mengenai pantangan yang harus dihindari.

Berikut adalah Pantangan Penyakit Batu Ginjal yang harus segera dihindari jika tidak ingin terkena dampak negatif :

1). ALKOHOL ( MINUMAN )

Bagi anda yang tengah menderita penyakit batu ginjal anda diwajibkan untuk menghindari mengkonsumsi minuman berahkohol.

Perlu anda ketahui, minuman berahkohol memiliki kandungan zat yang dapat mengakibatkan kekebalan tubuh menurun, selain itu alkohol juga dapat mengakibatkan kondisi kesehatan ginjal mengalami penurunan sehingga bisa berdampak buruk pada penderita batu ginjal.

Bahkan yang lebih parah lagi jika seseorang termasuk penderita batu ginjal yang minum alkohol dalam jumlah yang berlebih dapat mengakibatkan terjadinya kematian.

2). KAFEIN ( MAKANAN / MINUMAN )

Kopi dan teh adalah dua minuman yang kaya dengan kandungan kafein, bagi sebagian orang kandungan kafein penting untuk didapatkan, akan tetapi kandungan ini tidak diperkenankan masuk ke dalam tubuh penderita batu ginjal.

Alasan paling mendasar yang menjadi penyebab kenapa penderita batu ginjal tidak boleh mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein adalah bisa menyebabkan adanya gangguan sistem pembuluh darah yang mengharuskan ginjal bekerja lebih keras sehingga kesehatan ginjal akan menurun.

Apabila kondisi seperti ini terus terjadi pada penderita batu ginjal bisa mengakibatkan kondisi kesehatan penderita batu ginjal mengalami penurunan dan pada akhirnya bisa meningkatkan resiko penderita untuk terkena dampak negatif.

3). GULA ( MAKANAN )

Mungkin kebanyakan dari anda sudah mengetahui kalau mengkonsumsi gula ( makanan manis ) dapat menyebabkan terjadinya penyakit diabetes.

Tidak hanya diabetes saja, beberapa penyakit mengerikan yang mungkin bisa terjadi akibat konsumsi gula dalam jumlah yang berlebih adalah stroke, jantung, dan hipertensi.

Khusus untuk penderita batu ginjal gula jelas harus dihindari karena gula memiliki beberapa kandungan seperti ” natrium, kalsium, kreatinin, dan asam oksalat ” yang apabila beberapa kandungan ini masuk ke dalam tubuh penderita batu ginjal dalam jumlah yang berlebih dapat mencuatnya resiko menderita gagal ginjal.

4). GARAM ( BUMBU )

Selain gula, bagi anda yang saat ini sedang menderita batu ginjal pantangan khususnya makanan yang harus anda hindari adalah garam.

Garam mengandung ” natrium ” kandungan ini tidak dianjurkan didapatkan oleh penderita batu ginjal dalam jumlah yang berlebih karena dapat mengakibatkan penurunan kesehatan ginjal.

Jadi bisa kami simpulkan kalau penderita batu ginjal sebaiknya jangan mengkonsumsi garam dalam jumlah yang berlebihan karena dapat berakibat fatal pada kesehatan ginjal yang juga bisa berdampak buruk pada semakin memburuknya kondisi kesehatan penderita batu ginjal.

5). TOMAT ( MAKANAN )

Untuk anda ( penderita batu ginjal ) yang suka dengan tomat maka mulai dari sekarang anda harus mengurangi konsumsi tomat harian anda, karena ada kandungan zat yang dapat mengakibatkan kondisi kesehatan batu ginjal menurun.

Kandungan tersebut adalah ” asam oksalat ” yang mana kandungan ini dapat menyebabkan tingginya kadar kalsium di dalam tubuh, jika kondisi seperti ini terus berlanjut pada penderita batu ginjal dapat mengakibatkan semakin banyaknya batu ginjal yang terbentuk di dalam ginjal.

Dengan ini maka tidak heran jika orang yang sedang menderita penyakit batu ginjal dan sering mengkonsumsi tomat akan memiliki peluang yang besar terkena dampak buruk yang bisa merugikan atau bahkan sampai membahayakan kesehatan tubuh.

6). SODA ( MINUMAN )

Soda masuk dalam radar minuman berkabon yang mana minuman jenis ini tidak dianjurkan diminum oleh orang yang sedang menderita penyakit batu ginjal karena ada beberapa kandungan yang dapat mengakibatkan kesehatan penderita batu ginjal menurun.

Kandungan zat seperti ” kreatinin, kalsium, natrium dan asam oksalat ” adalah beberapa kandungan yang terdapat di dalam minuman ini yang bisa mengakibatkan kondisi kesehatan penderita batu ginjal terus menurun.

7). MEROKOK ( KEBIASAAN )

Bukan lagi dijauhi tapi kebiasaan buruk merokok WAJIB dihindari oleh orang yang tengah menderita penyakit batu ginjal.

Adanya kandungan ” zat aktif ” di dalam rokok menjadi alasan utama mengapa rokok harus dihindari oleh orang yang sedang menderita batu ginjal, kandungan zat tersebut dapat mengakibatkan kesehatan penderita batu ginjal mengalami penurunan.

8). KEDELAI ( OLAHAN )

Jangan pernah anda ( penderita batu ginjal ) untuk mengkonsumsi olahan makanan yang berbahan dasar dari kedelai.

Kenapa demikian ?

Di dalam kedelai ada ” oksalat ” dengan jumlah kadar yang cukup tinggi yang tidak baik jika terus menerus masuk ke dalam tubuh orang yang sedang menderita penyakit batu ginjal.

Karena kandungan tersebutlah resiko penderita batu ginjal untuk terkena dampak negatif semakin dekat, untuk itu jika anda saat ini sedang menderita penyakit batu ginjal menghindari kedelai adalah tindakan yang paling tepat untuk dilakukan.

9). KURANG TIDUR ( KEBIASAAN )

Jika anda termasuk orang yang aktif pada malam hari sepertinya mulai dari sekarang anda harus mengurangi kebiasaan anda yang satu ini.

Pada saat tubuh kekurangan istirahat, semua organ yang ada di dalam tubuh termasuk ginjal akan terus bekerja hal ini tentu tidak baik dialami oleh penderita batu ginjal karena dapat mengakibatkan kesehatan ginjal menurun dan berakibat pada munculnya dampak buruk.

10). STRES ( PELARIAN )

Ketika anda punya masalah yang begitu berat jangan jadikan stres sebagai pelarian untuk mengurangi masalah yang sedang anda alami.

Akan ada banyak kerugian jika anda terus menerus stres, salah satunya bagi penderita batu ginjal akan mengakibatkan penurunan kesehatan yang disebabkan karena kesehatan ginjal mengalami penurunan.

Stres juga dapat mengakibatkan otak menjadi kurang cekatan dan kurang efektif yang berujung pada berkurangnya fungsi otak untuk mengatur organ dalam tubuh secara keseluruhan termasuk ginjal.

11). MALAS OLAHRAGA

Olahraga adalah kegiatan sehat yang dapat memberikan manfaat yang baik jika dilakukan secara rutin dan teratur karena olahraga dapat menggerakan hampir seluruh anggota tubuh manusia termasuk ginjal.

Salah satu manfaat luar biasa dari olahraga apabila dilakukan adalah dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal.

Akan tetapi jauh berbanding terbalik apabila olahraga tidak dilakukan, bukannya manfaat tetapi kerugian akan melanda pada orang yang jarang melakukan olahraga.

Yang lebih parah lagi jika olahraga tidak dilakukan dapat mengakibatkan munculnya deretan penyakit mematikan seperti : kanker, penyakit jantung, stroke, darah tinggi dan penyakit ginjal.

Deretan pantangan diatas tentunya harus dihindari oleh penderita penyakit batu ginjal yang benar benar ingin terhindar dari kemungkinan terkena dampak negatif.

Sangat penting ! Selain menghindari apa saja yang menjadi pantangan bagi penderita batu ginjal, penderita juga harus aktif dalam melakukan kebiasaan sehat seperti olahraga, tidur yang cukup dan menghindari minum alkohol dapat membantu menjauhkan dari resiko tinggi terkena dampak buruk.

Beberapa kebiasaan sehat diatas jika dirasa kurang efektif untuk menjauhkan dari resiko tinggi terkena dampak negatif penyakit batu ginjal, maka tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi makanan yang baik bagi penderita batu ginjal dibawah ini :Pantangan Penyakit Batu Ginjal

  • BUAH SEMANGKA

Selain memiliki banyak kandungan air yang bagus untuk membantu menjaga kesehatan ginjal, kandungan ” vitamin c ” yang ada di dalam buah semangka dapat meningkatkan kekebalan tubuh penderita batu ginjal yang mampu mendongkrak peningkatan kesehatan penderita batu ginjal.

  • SAYUR BAYAM

Ada beberapa kandungan yang memiliki peran penting dalam membantu melawan batu ginjal yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan seperti ” vitamin, magnesium, zat besi, dan kalium ” kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan penderita penyakit batu ginjal.

  • BUAH APEL

” vitamin a dan c ” yang dimiliki buah apel berguna untuk melarutkan batu ginjal dan juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada penderita penyakit batu ginjal yang menjadikan buah ini bagus dikonsumsi penderita batu ginjal.

  • SAYUR BROKOLI

Kaya dengan ” vitamin c ” menjadi alasan mengapa sayur ini bagus dikonsumsi oleh orang yang tengah menderita penyakit batu ginjal, kandungan ini dapat membantu meningkatkan kesehatan yang bisa memberikan dampak positif bagi penderita batu ginjal.

Jika beberapa makanan sehat diatas dikonsumsi secara rutin dan teratur oleh penderita penyakit batu ginjal maka bukan tidak mungkin penderita tidak perlu melakukan pengobatan batu ginjal karena dengan berjalannya waktu batu ginjal bisa dijinakan dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*