Makanan Penyebab Batu Ginjal

Makanan Penyebab Batu Ginjal

Berikut adalah deretan Makanan Penyebab Batu Ginjal tersohor yang paling sering sampai menyumbang angka penderita batu ginjal baru paling banyak yang harus segera anda hindari konsumsi sekarang juga jika anda tidak ingin menjadi korban selanjutnya menderita batu ginjal akibat mengkonsumsi makanan.

Fokuskan pandangan anda dan hati anda untuk menyimak artikel kami kali ini, karena pada pembahasan kali ini kami akan membahas sampai tuntas mengenai apa saja makanan yang bisa menyebabkan tumbuhnya batu di ginjal atau batu ginjal.

PENTING untuk anda ketahui kalau batu ginjal adalah salah satu penyakit yang masuk dalam kategori penyakit BERBAHAYA, bahkan dalam beberapa kasus, penderita batu ginjal ada yang sampai meninggal dunia.

Dengan ini maka sangat dianjurkan untuk anda yang tidak ingin menderita atau terkena dampak buruk dari batu ginjal untuk melakukan tindakan pencegahan sedini mungkin guna menekan resiko tinggi terkena dampak buruk dari batu ginjal.

MAKANAN PENYEBAB BATU GINJAL

Ada makanan sehat dan ada makanan yang tidak sehat,

Makanan sehat apabila dikonsumsi secara rutin dapat memberikan beragam manfaat yang baik bagi kesehatan dan juga untuk membantu mencegah dari serangan penyakit.

Sedangkan, apabila makanan tidak sehat dikonsumsi secara rutin justru sebaliknya, akan ada banyak kerugian yang bisa didapatkan oleh orang yang mengkonsumsinya.

Jadi, bagi anda yang ingin sehat rutin dan perbanyaklah mengkonsumsi makanan sehat serta jauhi apa saja makanan tidak sehat yang bisa merusak kesehatan anda.

Karena apabila anda sampai salah mengkonsumsi makanan, ada beberapa penyakit yang bisa menyerang kesehatan anda, salah satunya batu ginjal.

Makanan Penyebab Batu GinjalBeberapa Makanan Penyebab Batu Ginjal yang diduga kuat menjadi salah satu penyebab batu ginjal yang harus segera anda jauhi :

  • GARAM

Mungkin garam lebih sering digunakan sebagai penyedap makanan saja, mengkonsumsi garam dalam jumlah yang normal memang boleh, akan tetapi jika garam dikonsumsi dalam takaran yang berlebih tidak baik bagi kesehatan.

Garam punya kandungan ” sodium ” kandungan ini tidak baik jika masuk dalam tubuh dalam jumlah yang banyak karena dapat mengakibatkan tingginya resiko mengalami batu ginjal.

” Sodium ” di dalam garam dapat mengakibatkan kadar kalsium dalam urin menjadi meningkat, apabila kondisi ini terus berlanjut maka besar kemungkinan bisa mengakibatkan tumbuhnya batu di ginjal.

  • MINUMAN BERKABONASI

Minuman yang berkarbonasi yang harus segera anda hindari diminum seperti, jus kemasan, minuman energi, dan soda.

Diduga kuat bahwa 3 minuman tersebut merupakan minuman berkarbonasi yang apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan terjadinya batu ginjal.

Sehingga dengan ini anda yang tidak ingin menderita batu ginjal sangat dianjurkan untuk mengurangi minum minuman berkarbonasi.

  • ALMOND

Mungkin sebagian dari anda ada yang menjadikan almond sebagai makanan favorit karena memiliki rasa yang unik sekaligus nikmat.

Yang harus anda ketahui bahwa almond ternyata masuk radar kami dalam daftar makanan yang bisa menyebabkan tumbuhnya batu ginjal.

Almond termasuk makanan yang mengandung ” oksalat ” yang mana kandungan ini dapat mengakibatkan terjadinya batu di ginjal.

Beberapa makanan lain yang juga memiliki ” oksalat” yang harus segera anda pertimbangkan mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebihan :

  1. Kacang mete
  2. Bayam
  3. Produk kedelai
  4. Bit
  5. Okra
  6. Kiwi
  7. Coklat

Hindari segera beberapa makanan sehat namun bisa menyebabkan tumbuhnya batu ginjal diatas.

  • KAFEIN

Kandungan ” kafein ” mungkin lebih identik terdapat di dalam kopi, selain kopi kandungan ” kafein ” juga terdapat pada teh.

Kurangi konsumsi minuman atau makanan yang mengandung ” kafein ” karena kandungan ini dapat memicu terjadinya batu ginjal.

  • ALKOHOL

DILARANG KERAS, itulah kata yang bisa disematkan pada alkohol, minuman ini sangat tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Banyak kandungan zat di dalam alkohol yang dapat menimbulkan banyak masalah bagi kesehatan salah satu kerugian yang bisa diakibatkan alkohol adalah akan mengakibatkan terjadinya pertumbuhan batu di dalam ginjal.

Maka dari itu, bagi anda yang tidak ingin menderita batu ginjal, anda harus berhenti atau bahkan tidak melihat bentuk dari alkohol itu sendiri guna mendapatkan kebebasan dari resiko tinggi menderita batu ginjal.

  • PRODUK SUSU

Produk susu seperti ” keju, roti susu, dan susu ” adalah beberapa makanan dan minuman yang memiliki cita rasa menggoda.

Namun, apabila anda ingin kesehatan anda tetap terjaga dan terhindar dari resiko tinggi terserang penyakit sepertinya anda harus mengurangi mengkonsumsi dan meminum beberapa produk susu tersebut.

Mau tahu kenapa ?

Karena beberapa produk susu tersebut memiliki ” kalsium ” tinggi yang mana kalsium dapat mengganggu kesehatan ginjal yang bisa berujung pada terjadinya kerusakan di ginjal.

  • MIE INSTAN

Anda suka mie instan ?

Kami menyarankan kepada anda untuk mengurangi konsumsi mie instan anda, hal ini karena mie instan apabila dikonsumsi secara berlebihan berpotensi memicu tumbuhnya batu di ginjal.

Alasan pertama yang menjadikan mie instan harus dihindari adalah karena mie instan memiliki kandungan garam yang cukup banyak.

Garam memiliki ” sodium ” yang mana apabila kandungan sodium terus menerus masuk ke dalam tubuh bisa mengakibatkan terjadinya batu ginjal.

Selain mie instan, beberapa makanan yang mengandung garam lainnya yang juga harus anda batasi untuk masuk ke dalam sistem pencernaan anda :

  1. Makanan kaleng
  2. Nugget
  3. Sosis
  4. Burger
  5. Saus
  6. Sereal instan
  • PEMANIS BUATAN

Jangan pernah anda mengkonsumsi atau minum makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan.

Hal ini sangat penting untuk diketahui dan dihindari karena pemanis buatan dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan pada organ ginjal.

Apabila organ ginjal sudah mengalami kerusakan, maka salah satu akibat yang akan terjadi pada penderitanya adalah bisa mengakibatkan terjadinya batu ginjal.

Yakinkan diri anda untuk menjauhi mengkonsumsi makanan diatas apabila anda ingin terbebas dari belenggu resiko tinggi menderita batu ginjal.

Baca : Gejala Batu Ginjal

Perhatikan Dengan Baik > Menerapkan Pola Hidup Sehat Dianjurkan Dilakukan, Karena Dapat Membantu Mencegah Batu Ginjal

Untuk anda yang tidak ingin memiliki resiko tinggi menderita batu ginjal, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan budaya hidup sehat.

Makanan Penyebab Batu GinjalAda banyak pola hidup sehat yang bisa anda terapkan dalam usaha anda menekan resiko tinggi menderita batu ginjal, yang diantaranya adalah :

1. OLAHRAGA

Akan ada banyak manfaat yang baik bagi orang yang sering melakukan olahraga, salah satu manfaat dari olahraga bagi kesehatan adalah bisa membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan ginjal.

Namun, yang harus anda ingat kalau olahraga boleh saja dilakukan secara teratur akan tetapi tidak boleh dilakukan secara berlebihan karena tidak baik juga untuk kesehatan.

Olahraga yang baik adalah 30 menit sehari dan paling lama 60 menit atau bisa lebih bagi yang memiliki fisik yang bagus.

Beberapa manfaat luar biasa olahraga untuk meningkatkan kesehatan organ tubuh seperti :

  • Ginjal
  • Jantung
  • Otak
  • Prostat
  • Hati
  • Paru Paru

Luar biasa bukan ?

2. DAPATKAN WAKTU ISTIRAHAT BERKUALITAS

Istirahat yang dianjurkan untuk dilakukan kurang lebih 6 sampai 7 jam sehari guna mendapatkan tidur berkualitas.

Tidur kurang atau lebih dari waktu yang sudah diatur tentu tidak baik juga bagi kesehatan, dengan ini maka bisa kami simpulkan bahwa tidur yang cukup tidak kurang atau lebih bagus dilakukan.

3. MENGHINDARI ALKOHOL DAN MEROKOK

Alkohol dan rokok bisa kami sebut sebagai racun, hal ini karena alkohol dan rokok bisa mengakibatkan terjadinya berbagai masalah yang bisa merugikan kesehatan manusia.

Menghindari mengkonsumsi alkohol dan stop merokok termasuk pola hidup sehat yang bisa anda terapkan dalam upaya mencegah terjadinya batu ginjal.

Dengan rutin serta serius menerapkan pola hidup sehat diatas, mungkin anda akan mengurangi resiko anda menderita batu ginjal yang tidak lain dan tidak bukan adalah penyakit BERBAHAYA.

Rekomendasi Pengobatan : Obat Batu Ginjal

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*